https://solikhasmpn-1-kunir.blogspot.com/search/label/Tugas%204

Monday, May 20, 2019

Buber Yang Penuh Makna di Bulan Ramadhan

Oleh: Solikha

Di Bulan Ramadhan yang paling berkesan selain sholat tharaweh, adalah berbuka puasa bersama dengan istilah yang tak asing lagi yaitu BUBER. Kegiatan ini  sering dilakukan di tempat-tempat lembaga, organisasi, keluarga, pertemuan dengan teman lama (reuni) dan sebagainya.


Kegiatan buka bersama merupakan kegiatan yang menyenangkan dan seru menurut saya di bulan Ramadhan ini. Nah, kali ini saya ingin memaparkan pelaksanaan berbuka puasa yang diadakan di SMP Negeri 1 Kunir bersama pengurus OSIS. Dengan masakkan yang sederhana hasil dari kerja para siswa putri. Yang sebelumnya mereka berbagi tugas, ada yang belanja, ada yang pinjam peralatan makan, ada yang meminjami tempat memasak, dan sebagainya. Tampak kompak dan mereka melakukannya dengan senang hati. Semoga dengan kegiatan seperti ini mereka mendapatkan pembelajaran sosial, sehingga dapat dikenang sampai tua nanti. 

Suasana kerja bersama yang menyenangkan dan disitu saya melihat ada nilai kebersamaan dan kekompakan dari pengurus OSIS. Waktu sudah sore, mereka menyiapkan tempat dengan mengeluarkan meja dan kursi secukupnya dari ruang kelas dibawa ke halaman basket. Setelah meja dan kursi siap dengan bentuk melingkar, makanan dan minuman ditata di atas meja. Mereka bekerja bersama sehingga pekerjaan menjadi ringan dan cepat selesai. Dari kegiatan ini pengurus dituntut dapat mandiri, sehingga kedepannya mereka di masyarakat benar-benar sudah siap untuk mandiri.

Adzan Magribpun telah tiba, kami setelah membatalkan puasa dengan minum segera sholat magrib berjamaah. Buka puasa bersama siswa dengan makan rame-rame mempunyai keseruan tersendiri, karena sangat terasa kedekatan guru dan siswanya. Hal ini merupakan kebersamaan yang sangat menyenangkan.

Di sana tidak ada pembeda antara guru dan siswa, semuanya makan bersama dengan lauk pauk dan minuman yang sama. Semoga di tahun yang akan datang acara seperti ini akan lebih seru dan menyenangkan. Selamat menunaikan ibadah yang penuh barokah di Bulan Ramadhan tahun 2019.

No comments:

Post a Comment