https://solikhasmpn-1-kunir.blogspot.com/search/label/Tugas%204

Thursday, May 23, 2019

Mendidik dengan Hati Secara Islami mulai Usia Dini

Belajar merupakan kewajiban manusia sejak kecil sampai kita meninggal. Bahkan ketika anak di dalam kandunganpun orangtua harus mendidik dengan membaca Al Quran dan mendengarkan musik, dan sebagainya.

Mendidik anak sejak lahir dengan mengajak berbicara walaupun dia belum bisa berbicara. Anak  sering mendengarkan orangtua berbicara, maka pembicaraan itu akan masuk pada memori otak.  Sehingga dia dengan sendirinya akan bisa menirukan orangtuanya atau lingkungan yang mempengaruhinya. Orangtua wajib memberikan contoh perilaku yang baik, dengan kasih sayang.

Mulai usia dini kita kenalkan agama kita,  dengan demikian anak mengenal sang pencipta Allah SWT, nabi dan rosulnya. Anak sering dilatih, dibimbing dan diajak untuk melakukan hal-hal yang sifatnya mendidik. Sering diajak bicara, diajak sholat, diberikan cerita nabi sehingga anak mengerti bagaimana kehidupan nabi dalam sejarah Islam.

Anak diarahkan ke pendidikan agama dan umum untuk bekal di dunia dan di akhirat nanti. Anak diajak bagaimana bersosialisasi dengan lingkungan yang sesuai ajaran agama Islam. Dari kebiasaan-kebiasaan inilah anak dapat mempunyai karakter yang baik dan peduli dengan orang lain.

Sejak kecil kita ajarkan berpuasa dan menahan diri dari hawa nafsu, merkipun puasa setengah hari. Dengan demikian kita sudah mengenalkan dan mengajarkan, bagaimana orang lain yang kekurangan, orang yang kelaparan, dan sebagainya.




5 comments:

  1. Sae Bu..... komen yaa juga yaaa di ohansupriatna.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Karakter baik dan peduli. Sudah jarang kita temui .. Bunda memang hebattt πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
  3. Sampai berjumpa besok di IN2 bu 😊

    ReplyDelete