https://solikhasmpn-1-kunir.blogspot.com/search/label/Tugas%204

Wednesday, May 22, 2019

Visualisasi Poster Dalam Pembelajaran


Penguasaan konsep geografi pada mata pelajaran IPS yang rendah oleh siswa di kelas IX merupakan kendala utama bagi peningkatan pembelajaran IPS di sekolah. Ada beberapa asumsi tentang kurangnya pemahaman konsep geografi adalah kurang menerapkan variasi model pembelajaran dan media serta alat bantu pembelajaran juga menjadi penyebabnya. Motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran yang rendah mengakibatkan kemampu an siswa yang rendah. Siswa juga beranggapan IPS menjadi mata pelajaran hafalan yang kurang menarik. Padahal pemahaman khususnya terhadap konsep geografi regional dan dunia umumnya mutlak sangat dibutuhkan untuk menghadapi era globalisasi dewasa ini.

Penyajian materi IPS yang membahas negara-negara maju dan berkembang yang berupa konsep-konsep geografi regional, bagi siswa masih mengalami kesulitan untuk memahami nya. Oleh karena itu, guru dituntut lebih kreatif, mampu mengelola proses belajar mengajar, terutama penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran yang terpilih oleh guru hendaknya mampu memberikan pemahaman terhadap siswa, sehingga siswa aktif dalam proses pembelajaran baik fisik, mental, maupun sosial.

Memperhatikan asumsi dan realita di atas, menarik untuk menyimak kembali proses pembelajaran IPS sebagai usaha peningkatan pemahaman konsep geografi dengan tindakan kelas yaitu dengan menambah variasi penggunaan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Melibatkan siswa secara aktif, meningkatkan aktifitas dan tanggung jawab siswa secara individual maupun kelompok. Media pembelajaran berbasis visualisasi poster merupakan tindakan pemecahan yang ditetapkan dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep geografi regional.

Aktivitas belajar yang dirancang dalam kegiatan pembelajaran menggunakan media yang berbasis visualisasi poster. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong dan menambah kegairah an belajar siswa. Disamping itu, diharapkan dapat meningkatkan daya khayal untuk menimbulkan minat dan  menambah pengetahuan. Hal ini memungkainkan siswa dapat belajar lebih rileks, dan rekreatif. Keterlibatan belajar siswa dapat menumbuhkan tanggung jawab, kerjasama, dan persaing an sehat antara individu maupun kelompok. Kegiatan ini memudahkan siswa untuk menguasai dan memahami materi-materi pelajaran geografi dengan baik.

Pada dasarnya poster bersifat simbolik dan dirancang untuk memberi pesan dengan cepat dan ringkas. Poster yang baik biasanya berwarna, menyajikan ide tunggal, tulisan jelas karya dengan fariasi, lugas, dan terkadang mengandung pernyataan yang berlebihan (LPMP Jatim, 2007). Poster menurut Sudjana (2010),  adalah suatu media dalam bentuk visual diam tidak diproyeksikan yang sifatnya mandiri. Sebagai bentuk visual, poster harus dapat dilihat dengan jelas oleh mata pembaca, menarik dan mudah di pahami dengan bahasa yang sederhana. Sebagai media komunikasi yang sifatnya mandiri, poster harus bersifat informatif, sehingga secara mandiri dapat berkomunikasi memberikan pesan kepadanya tanpa harus ada seseorang  yang menjelaskannya. Poster merupakan dari alat bantu pandang yang dikenal sebagai visual aids

Visual aids adalah teknik pembelajaran dengan menggunakan alat bantu pandang yang berupa gambar, poster, diagram, dan leaflet (Sudjana, 2010). Dimana pembelajaran IPS dengan alat bantu pandang ini dapat meningkatkan daya khayal untuk menimbulkan minat, daya cipta, ketrampilan dan pengetauan. Sehingga dengan alat bantu pandang ini merang sang sebagian besar siswa untuk belajar. Dengan demikian pemahaman terhadap suatu konsep menjadi lebih efektif dalam kegiatan belajar.

Visusalisasi poster dalam makalah ini adalah poster yang berisi peta dengan dilengkapi uraian materi. Materi yang dimaksud adalah rincian karakteristik wilayah pada peta. Dengan cara ini akan memudahkan siswa mamahami lokasi dari fenomena yang terjadi suatu wilayah. Dengan demikian dapat memberikan informasi yang lebih  detail faktor wilayah yang berpengaruh terhadap fenomena.







5 comments: